07.51.00
0

Menyakitkan memang ketika kita benar-benar mengetahui bahwa sosok yang selama ini kita cintai sepenuh hati dan kita usahakan keberadaannya untuk menjadi pendamping hidup kita malah nyatanya tak pernah menyimpan rasa yang sama yakni mencintai kita. Namun apa daya bahwa kita harus menerima ketika dia nyatanya mengharapkan orang lain untuk bisa menjadi pendamping hidupnya.

Mengusahakan sesuatu yang kita inginkan adalah bukan suatu hal yang salah apalagi dilarang. Memang dalam kehidupan di dunia ini setiap manusia tak akan terlepas dari setiap usahanya untuk mewujudkan sesuatu yang dia inginkan. Terlebih lagi ketika keinginan itu sudah kita bangun sejak lama yang pastinya kita sangat berharap sesuatu itu dapat segera terwujud dengan setiap usaha dan pengorbanan berat yang kita lakukan. Bukan suatu hal yang berlebihan dimana setiap usaha yang dilakukan salah satu diantara kita pastilah selalu dibarengi dengan keinginan meraih hasil positif yakni sebuah kesuksesan atau kebahagiaan sebagai hasil akhir dari semua itu. Kita selalu berharap bahwa Tuhan akan menghadirkan bahagia sebagai balasan setimpal atas usaha berat kita yang dibarengi dengan doa.

Namun sadarlah bahwa kita ini hanyalah manusia biasa, kita hanya hanyalah makhluk tak berdaya tanpa kuasa yang Dia berikan pada kita. Tak berbeda ketika kita menjalin cinta dan hubungan dengan sosok pilihan kita yang kita sayangi dan kita cintai. Kita selalu mengharapkan dia juga memiliki rasa yang sama dengan kita hingga menjadi suatu hasil bahagia yakni cinta kita terbalaskan. Namun bagaimana jadinya ketika kita mengusahakan dan selalu mengharapkan cintanya tapi dia malah mengharapkan cinta yang lain bukannya kita?


Menyakitkan memang ketika kita benar-benar mengetahui bahwa sosok yang selama ini kita cintai sepenuh hati dan kita usahakan keberadaannya untuk menjadi pendamping hidup kita malah nyatanya tak pernah menyimpan rasa yang sama yakni mencintai kita. Namun apa daya bahwa kita harus menerima ketika dia nyatanya mengharapkan orang lain untuk bisa menjadi pendamping hidupnya. Kita tak pernah tahu bagaimana hasil suatu usaha tanpa kita mencobanya sendiri. Kita akan segera tahu bahwa apa yang kita usahakan nyatanya tak menghasilkan sesuatu sesuai yang kita harapkan.

Namun kita juga tak bisa memaksakan agar dia juga mencintai kita dengan sepenuh hatinya. Rasa cinta dan sayang adalah sesuatu yang muncul secara alami dari dalam hati tanpa bisa kita paksakan kehadirannya. Begitupun dengan rasa cintanya kepada orang lain, pun tak dapat kita paksa untuk merubahnya menjadi rasa cinta kepada kita. Yang kita bisa lakukan adalah mengikhlaskan dia bahagia dengan pilihannya. Sekalipun menyakitkan pastinya namun sadarlah bahwa cinta tak bisa dipaksakan sekalipun kita menginginkan.


Kita harus sadar bahwa setiap pilihan yang kita ambil selalu mempunyai konsekuensi yang tentunya harus kita hadapi seiringan dengan harapan yang kita dengungkan. Begitupun dengan kegagalan, kekecewaan, dan sakit hati tentunya adalah hal yang tak bisa kita hindari ketika hal itu menjadi sebuah konsekuensi yang kita hadapi dari gagalnya menjalin hubungan dengan seseorang yang kita harapkan dan kita usahakan.

Tuhan selalu memiliki rahasiaNya sendiri yang tak pernah sedikitpun kita ketahui. Yakinlah apa yang telah Dia siapkan adalah yang terbaik selagi kita tak menyerah, terus menyesali, dan mengusahakan.

0 komentar:

Posting Komentar