09.08.00
0

Selesaikan masalahnya, bukan selesaikan hubungannya. Semudah itu mempertahankan sebuah hubungan.
Bukan tentang seberapa lama kamu menjalani hubungan, tapi tentang seberapa kuat kamu mempertahankan sebuah kepercayaan dan kesetiaan. Dalam prakteknya, mempertahankan hubungan jauh lebih sulit dari mengawali dan membentuk sebuah hubungan tersebut.

Masalah demi masalah akan menguji kepercayaan dan komitmen satu sama lain dimana kualitas individu dalam sebuah hubungan dapat terlihat jelas dari sebagaimana ia menghadapi masalah.
Selesaikan masalahnya, bukan selesaikan hubungannnya


Hal tersulit dalam sebuah hubungan adalah mempertahankan. Banyak pasangan yang gagal dan akhirnya kandas karena tidak mampu mempertahankan hubungan. Kita hidup di dunia pasti akan punya masalah, tidak dapat dipungkiri karena itu sudah kodrat kita sebagai manusia. Yang perlu kamu pahami adalah tidak ada satu masalah pun yang tidak dapat diselesaikan. Masalah ada untuk dihadapi, bukan dihindari. Selesaikan masalahnya, bukan selesaikan hubungannya.
Kepercayaan menjadi modal besar dalam mempertahankan hubungan


Dalam melakukan apapun, yakin dan percaya adalah modal dasar yang wajib kita punya. Sama halnya dengan hubungan, kepercayaan menjadi modal besar dalam mempertahankan hubungan. Percaya bahwa kalian mampu menghadapi masalah yang ada, percaya bahwa kalian mampu melewati hal tersulit dalam hubungan kalian, dan saling percaya satu sama lain bahwa kalian harus saling mendukung, saling menguatkan. Jika modal besar itu sudah kalian pegang, masalah seberat apapun akan bisa terselesaikan.
Mempertahankan hubungan itu usaha bersama


Hal yang menyakitkan ketika kamu kehilangan seseorang adalah kenyataan bahwa dia tak berusaha untuk mempertahankan hubungan kalian. Dalam hubungan, butuh dua orang yang berjuang, berlomba mengabaikan bosan, lalu mempertahankan kesetiaan. Ibarat sepasang sepatu, berbeda tetapi selalu berjalan beriringan, sama halnya dengan hubungan, butuh dua orang untuk sama-sama berjuang mempertahankan kelangsungan hubungan. Jika hanya satu orang yang berjuang, mustahil untuk bisa bertahan.
Mengalah demi mempertahankan hubungan


Ketika kalian sering berantem tetapi tidak membuat perpisahan berarti kalian saling sayang dan mencoba untuk mempertahankan sebuah hubungan. Kadang mengalah adalah suatu usaha dalam mempertahankan hubungan. Mengalah tak berarti kalah, kamu hanya tidak mau mempersulit keadaan. Jika pasanganmu keras kepala, maka mau tidak mau kamu tidak bisa ikut keras kepala juga, suatu ketika kamu harus mengalah demi mempertahankan hubungan kalian. Dalam sebuah hubungan penting untuk saling mengimbangi, jika pasanganmu emosi, kamu harus bisa lebih mengontrol diri. Ini penting untuk menghindari pertengkaran diantara kalian.
Mempertahankan hubungan hanya karena takut ditinggalkan


Kalau memang sudah enggak sayang, lebih baik pergi. Jangan mempertahankan hubungan dengan kebohongan, apalagi karena kasihan. Dalam hidup, kita akan dihadapkan pada dua pilihan, meninggalkan ataukah ditinggalkan. Jangan menyusahkan diri sendiri untuk mempertahankan hubungan hanya karena takut ditinggalkan. Kalau memang dia sudah enggak sayang, atau kamu sudah merasa enggak nyaman, untuk apa dipertahankan?

0 komentar:

Posting Komentar