13.28.00
0

Ada sebagian orang yang kadang takut merasakan indahnya jatuh cinta, dan dilihat alasannya pun juga banyak seperti takut sakit hati dan juga penolakan.
Mungkin masih ada beberapa orang atau bahkan bisa terhitung banyak yang benar-benar takut dalam hal berkomitmen atau merasakan jatuh cinta. Padahal ketika seseorang takut jatuh cinta akan menjauhkan kita dari hidup yang bahagia dan penuh kash.
Ada beberapa alasan yang membuat orang mengambil sikap yang seperti ini, seperti takut sakit hati dan lain sebagainya. 7 alasan berikut ini yang sebagian besar mendasari orang takut akan jatuh cinta ;


Harapan yang tidak realistis
Di era modern seperti sekarang, banyak sekali media yang membahas tentang cinta yang ideal itu seperti apa. Sebagai contoh tentang film yang berkisah tentang drama percintaan. Ketika kita membaca atau melihat film tentang percintaan akan menuntun kita untuk membandingkan kisah ideal dalam film dengan pasangan kita sendiri.
Dan ketika kita menemukan bahwa kualitas kisah cinta yang kita alami sangat jauh dari cerita ideal dalam film akan membuat kita hilang harapan dengan pasangan kita sendiri. Bahkan tidak menutup kemungkinan juga kita kehilangan kualitas cinta kita terhadap pasangan kita sendiri. Karena adanya perbandingan dengan artikel atau film yang telah kita tontton.
Padahal cinta itu seharusnya memiliki arti menemukan seseorang yang benar-benar cocok dengan jiwa kita. Tapi dengan banyaknya media yang mengisahkan tentang cinta tadi akan membuat kita membandingkan cinta kita sendiri, dan mengharapkannya sesuai dengan apa yang ada di dalam film atau bahkan norma sosial, tapi bukan pada jiwa kita sendiri.


Takut akan kehilangan diri sendiri
Beberapa orang mungkin akan merasakan adanya ketakutan dalam diri ketika merasa benar-benar jatuh cinta. Sebagai contoh kecil saja takut kehilangan waktu untuk diri sendiri, dan merasa semua waktu yang ada hanya untuk belahan hati. Atau bahkan tidak bisa lagi mengerjakan hal-hal lain karena hampir tidak memiliki waktu lagi.


Takut akan penolakan
Takut ditolak atau bisa disebut sebagai Kakorrhaphiophobia. Ketika perasaan sudah diselimuti oleh perasaan sayang dan cinta, maka semuanya hanya emosi yang ada. Emosi atau perasaan yang dirasa semakin berat akan memberikan efek rasa takut. Sebagai contoh ketika kalian pedekate sama seseorang yang kalian suka akan timbul rasa takut akan penolakan, iya kalau memiliki perasaan yang sama, lalu bagaimana jika tidak sama. Nah yang seperti inilah jika terus berkelanjutan akan menumbuhkan rasa takut yang berlebih.


Pengalaman buruk masa lalu.
Kepribadian kita saat ini adalah salah satu hasil dari masa lalu yang telah ita alami, yang akhirnya membentuk karakter dalam diri kita. Jika kita masih membawa pengalaman masa lalu yang mungkin bisa dikatan sebagai pengalaman buruk, akan membuat benteng terhadap diri kita sendiri. Dan benteng akan semakin tebal ketika kita tidak mau mencoba untuk membukanya bagi seseorang untuk masuk di kehidupan kita. Semakin kita menutup diri maka semakin tertutup pula masa depan yang seharusnya bisa kita jalani.


Takut akan kegagalan cinta yang dijalani
Keajaiban cinta akan menebarkan aroma yang sangat harum dalam kisah cinta yang kita jalani layaknya aroma harum bunga mawar. Akan tetapi bunga mawar itu sendiri juga memiliki duri. Jadi akan selalu ada kemungkinan kegagalan dalam setiap kehidupan cinta kita. Akan tetapi jika kita tidak berani ambil sebuah resiko maka kita juga tidak akan sukses dengan kehidupan cinta di masa depan.


Hubungan baru bisa mempengaruhi hubungan kita dengan keluarga
Skala prioritas akan mulai berubah ketika kita menjalin hubungan baru dengan seseorang dengan dasar cinta. Sangat memungkinan kita akan mengesampikan hubungan lama kita, seperti hubungan sama keluarga atau bahkan dengan sahabat.

Hubungan bisa jadi akan semakin renggang ketika kita memiliki kehidupan baru dengan seseorang. Seperti tidak ada waktu lagi kumpul bareng sama teman atau bahkan keluarga. Dan hampir semua waktu hanya tercurahkan sama pasangan. Jadi kisah cinta yang akan kalian jalani akan mempengaruhi kehidupan kalian di masa depan.


Cinta tidak datang sendirian
Ketika jalinan kasih itu datang di kehidupan kalian, itu tidak sendirian, karena cinta itu sendiri membawa tanggung jawab dan kebutuhan akan ruang dan waktu untuk pasangan kalian. Cinta bisa saja menjadi hambatan terhadap tujuan hidup kalian sebelumnya. Tapi cinta juga bisa berjalan beriringan dengan tujuan hidup kalian.

0 komentar:

Posting Komentar