07.29.00
0

                         Bahaya Menahan Sakit pada Bagian Perut, Bisa Jadi itu Penyakit Lever

AgenPokerTerpercaya - Hati merupakan salah satu organ yang penting bagi tubuh dan tentunya harus dijaga sebaik mungkin. Hati berfungsi sebagai organ yang membantu proses metabolisme tubuh kita.  Ada empat fungsi hati yang sangat penting bagi tubuh, antara lain mengubah Betakaroten menjadi vitamin A, merombak sel-sel darah merah yang mati, menyimpan glikogen dan menetralkan racun.
Fungsi hati yang begitu penting bagi tubuh tentunya membuat kita perlu menjaga organ tersebut sebaik mungkin, karena apabila terjadi kerusakan pada organ hati kesehatan metabolisme tubuh kita akan terganggu. Penyakit yang menyerang hati atau lever merupakan salah satu penyakit berbahaya dan mematikan.
Dengan adanya kerusakan pada hati maka tubuh kita tidak dapat lagi memecah sel darah merah dari racun  atau toksin yang terkandung di dalamnya. Bilirubin pada darah pun tidak dapat dikeluarkan tubuh dan akan tetap mengendap dalam tubuh, sehingga terjadi  kerusakan dan penurunan fungsi organ hati untuk memecah protein.

Penyebab Timbulnya  Lever

Penyakit hati atau lebih sering disebut penyakit Hepatitis A dan Hepatitis B atau penyakit Hepatitis non A dan Hepatitis non B yang disebabkan oleh virus, tentunya sangat ditakuti banyak orang. Banyak faktor yang melatarbelakangi timbulnya kerusakan hati atau lever pada tubuh, terutama pada penyakit Hepatitis A dan Hepatitis B. Penyebab-penyebab timbulnya penyakit lever yang perlu kita ketahui, antara lain:
  1. Faktor keturunan atau genetik. Orangtua yang memiliki riwayat penyakit lever akan menurunkan gen penyakit tersebut kepada keturunannya. Penyakit lever yang berasal dari keturunan kemungkinannya sudah dibawa sejak lahir.
  2. Adanya kelainan yang timbul dalam system metabolisme tubuh atau kerusakan pada proses awal pencernaan makanan.
  3. Adanya infeksi virus atau bakteri, yang biasanya menjadi npemicu timbulnya penyakit Hepatitis non A dan Hepatitis non B.
  4. Konsumsi alkohol atau minuman bersoda yang berlebih konsumsi alkohol dan minuman bersoda akan menyebabkan kerusakan organ tubuh termasuk hati secara perlahan.
  5. Gejala yang Timbul Akibat Penyakit Lever

    Seseorang yang terserang penyakit  ini sebenarnya akan mudah dikenali. Beberapa gejala yang timbul akibat penyakit lever yang dapat dikenali, antara lain:
    1. Terjadi perubahan pada perut dimana perut terlihat menjadi lebih membuncit. Hal ini terjadi akibat adanya pembengkakan pada bagian kanan bawah tulang rusuk.
    2. Timbulnya perubahan warna kulit dan mata menjadi kekuningan akibat organ hati tidak dapat beroperasi dengan baik untuk menetralkan toksin.
    3. Hilangnya selera untuk makan
    4. Timbulnya rasa mual yang dapat terjadi dengan frekuensi yang semakin sering
    5. Berubahnya warna air kemih menjadi kecokelatan seperti air the
    6. Warna feses menjadi pucat
    7. Terjadinya penurunan dan kenaikan berat badan yang tidak normal
    8. Tubuh menjadi cepat letih atau mudah lelah
    9. Sering timbul nyeri pada bagian perut sebelah kanan dan terkadang timbul pula nyeri otot
    10. Timbul varises
    11. Menurunnya gairah seksual
    12. Sering mimisan dan berkeinginan buang air kecil yang besar
    13. Tubuh mudah memar akibat kekurangan protein

    Faktor Pemicu Lever

    Terdapat pula pemicu yang dapat menimbulkan peluang timbulnya penyakit lever semakin besar. Beberapa pemicu yang perlu dikenali, antara lain:

    1. Alkohol

    Hai berfungsi untuk memecah asupan makanan menjadi gizi. Namun, apabila asupan yang masuk berupa alkohol, sel-sel hati akan rusak akibat terlalu sering memecah kandungan alkohol, sehingga terjadi peradangan pada hati.

    2. Obesitas

    Berdasarkan penelitian, dikatakan bahwa orang yang memiliki riwayat penyakit obesitas atau kelebihan berat badan akan lebih beresiko tinggi mengalami kerusakan organ hati akibat gagal hati.

    3. Mengkonsumsi Suplemen Gizi

    Tubuh yang mengalami kelebihan konsumsi suplemen kesehatan atau suplemen gizi tentunya tidak baik bagi organ hati, karena akan menimbulkan peningkatan produksi enzim hati. Hal tersebut menjadi pemicu terjadinya kerusakan jaringan organ tubuh.

    4. Asupan Garam Tinggi

    Mengkonsumsi garam berlebihan akan meninggikan retensi air dalam hati dan menyebabkan pembengkakan. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan hati permanen.
    Demikian penjelasan mengenai penyebab, gejala dan hal yang memicu timbulnya penyakit hati atau lever. Dengan informasi tersebut diharapkan anda dapat menjaga pola hidup dan pola makan dengan baik agar terhindar dari resiko penyakit lever, yang tentunya dapat membahayakan kesehatan anda bahkan menyebabkan kematian.


0 komentar:

Posting Komentar