13.38.00
0
AgenPokerTerpercya - Di India dan beberapa daerah di Asia Selatan, daun betel atau daun sirih memainkan peranan yang sangat penting. Peranan tersebut bahkan sudah terpatri dalam kebudayaan kuno yang berasal dari hinduisme India. Penggunaannya di India sudah dimulai sejak lebih dari 2400 tahun yang lalu. Sebagaimana tercantum dalam kitab Charaka, Ayurveda, Sushruta Samhitas, dan Kashyapa Bhojanaklapa, praktek kultural mengunyah daun sirih setelah makan menjadi budaya yang umum di antara tahun 75 hingga 300 masehi. Baru pada sekitar abad ke-13 Marco Polo mencatat bahwa raja-raja dan para bangsawan di India mengunyah daun sirih dan memperkenalkan daun sirih di Eropa.





Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan

Kepentingan daun sirih sudah dijabarkan dalam kitab kuno Ayurveda. Manfaat daun sirih yang sudah terkenal sepanjang berabad-abad lamanya yang paling prominen adalah kemampuan penyembuhan yang diberikan daun sirih. Sejarah yang dituliskan di literatur Cina mencatat bahwa orang Cina menggunakan daun sirih untuk mengatasi berbagai macam gangguan, kelainan, dan penyakit. Tiga dari manfaat daun sirih yang paling utama menurut ilmu pengobatan Cina adalah kemampuan detoksifikasi, antioksidasi, dan juga properti antimutasi yang dengan kata lain bisa dikatakan sebagai pencegah kanker.

Ada beberapa penelitian dan eksperimen yang melibatkan daun sirih. Dari studi tersebut ditemukan bahwa ekstrak daun, potongan, dan senyawa termurni yang terkandung di dalam daun sirih memiliki peran penting untuk meningkatkan kebersihan organ mulut dan juga memiliki banyak lagi properti yang mencegah, menormalisasi, atau menghilangkan gejala penyakit sistemik. Daun sirih memiliki kemampuan untuk menormalisasi kadar gula dalam darah, manfaatnya juga terasa dalam sistem kardiovaskuler atau jantung beserta pembuluh darah tubuh, juga anti pembengkakan serta immunomodulatory. Daun sirih juga melindungi liver dari kerusakan yang mungkin terjadi dan juga meningkatkan sistem imun selular yang mencegah terjadi infeksi. Khasiat anti kanker bisa dikaitkan dengan properti anti infeksi, anti mutasi, dan juga anti pembengkakan.

Bahkan terdapat beberapa penemuan arkeologis mengenai penggunaan daun sirih yang dikunyah bersama kacang areca sejak zaman sebelum sejarah. Belum diketahui apakah kedua bahan tersebut merupakan bahan yang mengkatalisatori reaksi kimia yang meningkatkan kesehatan satu sama lainnya dan belum ada yang berhasil menarik kesimpulan dari situ.

Di Indonesia sendiri, daun sirih sudah dikenal juga sejak lama. Tentunya karena Indonesia merupakan salah satu daerah di mana dahulu hinduisme India pernah berkembang dan akulturasi budaya telah menjadikan kegiatan mengunyah sirih sebagai budaya Indonesia sendiri. Orang Indonesia cenderung menggunakan daun sirih sebagai antiseptik dan penyegar nafas. Keduanya benar-benar telah dibuktikan dan memang antiseptik dan penypenyegaran nafas adalah salah satu manfaat daun sirih yang terkenal. Orang Indonesia juga memiliki budaya meminum rebusan daun sirih untuk menghilangkan bau badan dalam jangka panjang. Hal ini mengindikasikan bahwa daun sirih memiliki khasiat detoksifikasi yang baik. Banyak orang juga menggunakan daun sirih yang ditumbuk secara topikal untuk mencegah infeksi dari mikroorganisme yang mungkin berkembang biak di luka terbuka.

Daun sirih dan kebiasaan mengunyahnya seringkali diperkirakan sebagai salah satu penyebab kanker mulut. Meski begitu, setelah penelitian yang objeknya adalah kondisi kesehatan masyarakat di masa lalu, tidak ada bukti yang ditemukan mengenai kanker mulut yang terjadi di masa lalu.

Eksperimen yang melibatkan daun sirih jarang sekali menemukan efek berbahaya dari mengkonsumsi berbagai bentuk dan olahan daun sirih tanpa tambahan bahan lainnya. Penemuan kanker mulut di tikus diakibatkan karena daun sirih yang dikonsumsi digunakan bersama kacang areca. Penggunaan kedua bahan tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan performa seksual. Daun sirih digunakan sebagai stimulan, pembersih dan penyegar mulut , dan kacang areca digunakan penambah libido. Penelitian lebih lanjut, ketika terdapat tumor pada tikus yang dipapari dengan daun sirih yang murni tanpa bahan lain, ditemukan bahwa daun sirih menghambat pertumbuhan atau proliferasi dari sel tumor tersebut. Memang tidak ada bukti yang menyatakan bahwa daun sirih bisa membunuh atau menghilangkan tumor, tetapi perkembangan tumor terhenti. Jika tumor yang terjadi merupakan akibat infeksi virus, bakteri, atau jamur, kemungkinan daun sirih bisa mengatasi mikroorganisme tersebut, dan sistem imun alami anda akan mengatasi sisa tumor yang belum dihilangkan oleh daun sirih.

Manfaat daun sirih ketika digunakan untuk menangani kanker atau tumor yang lebih aktif dan ganas pun sangat positif. Jika individu yang tidak memiliki sel yang mampu berkarsinogenesis –perkembangan kanker –maka ketika individu tersebut dipapari oleh penyebab karsinogenesis, efek proliferasi sel kanker dinihilkan. Sementara jika individu sudah menderita kanker, maka daun sirih sudah tidak bisa mengatasi proliferasinya.

Sayang sekali, sampai saat ini tidak ada percobaan yang melibatkan manusia secara langsung sebagai subjek dari studi tersebut sehingga manfaat dari daun sirih yang benar-benar terjadi pada manusia belum bisa distandardisasi dan dijadikan dasar untuk membuat daun sirih sebagai metode pengobatan yang efektif. Tetapi mengingat sedikitnya leluhur kita yang terkena kanker, bisa jadi daun sirih benar-benar efektif digunakan sebagai antikanker di tubuh manusia. Anda tetap bisa menggunakan berbagai bentuk daun sirih dan olahan daun sirih murni untuk mengatasi berbagai penyakit karena pada dasarnya daun sirih menimbulkan sedikit efek samping atau tanpa efek samping sama sekali.

Daun sirih menjaga kesegaran dan kebersihan mulut dengan menjaga keseimbangan tingkat asam askorbat dalam rongga mulut manusia. Asam askorbat yang terkandung dalam saliva atau ludah memiliki efek untuk menetralisir dan mencegah karsinogenesis di mulut. Asam askorbat saliver tidak bekerja dengan maksimal jika anda adalah perokok. Hal itulah yang menyebabkan kanker mulut mungkin terjadi pada perokok. Daun sirih bisa digunakan sebagai salah satu langkah awal pencegahan kanker mulut jika anda adalah perokok.

Air rebusan daun sirih terkenal dan merupakan salah satu obat herbal yang diakui kemampuannya oleh kalangan medis sebagai obat segala penyakit. Tentunya tidak segala penyakit bisa diatasi oleh rebusan sirih, hanya banyak saja. Anda bisa menggunakan rebusan sirih untuk mengatasi nafas bau, kutil bernanah, konjungtivitis, sembelit, sakit kepala, hysteria, gatal-gatal, mastitis, mastoiditis, leukorea, otorea, inhabitasi parasit cacing, gusi membengkak, rematik, abrasi, dan obat luka terbuka.

Mencegah kolera, tifus, tuberkolosis dan penyakit lain yang disebabkan oleh mikroorganisme tertentu juga menjadi lebih efektif dengan mengkonsumsi rebusan sirih secara rutin. Anda bisa lebih cepat kurus juga karena sirih memiliki zat yang merangsang sekresi liur dan keringat. Anda bisa lebih cepat membakar kalori dengan berolahraga sambil mengkonsumsi sirih.

Bagaimanapun, meski efeknya sangat positif, daun sirih tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Sebagaimana makanan lainnya, ketika anda memakan sesuatu terlalu banyak, anda akan merusak gigi anda sendiri. Ketika anda memilih mengikuti tradisi dengan mengunyah daun sirih, paling baik anda menghindari penggunaan tembakau dan juga kacang areca. Kunyahan daun sirih bekerja secara optimal tanpa kontaminasi bahan lain.

Nah itulah informasi mengenai manfaat daun sirih, jangan lewatkan juga untuk membaca artikel terkait tentang Manfaat Daun Sirsak dan Manfaat Minyak Zaitun untuk kecantikan.

                                                                                  
                                                                        Posted by AgenPokerTerpercaya , 27 Oktober 2016 .

0 komentar:

Posting Komentar